Paling Cepat Penunrunan Angka Kemiskinan di Bukittinggi

 

Kota Bukittinggi. (Foto Yurnaldi/AjarDetik.com)

 

BUKITTINGGI, AjarDetik.com -- Sepanjang tahun 2023, dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat, hanya 10 daerah yang mengalami penurunan angka kemiskinan. Dari 10 yang mengalami penurunan angka kemiskinan tersebut, Kota Bukittinggi adalah yang tercepat.

Demikian dikemukakan Walikota Bukittinggi Erman Safar kepada AjarDetik.com, Kamis (29/2/2024) di Bukittinggi. "Sepanjang tahun 2023, Bukittinggi alami penurunan angka kemiskinan paling cepat di antara 10 kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat, yakni sebesar 7,85 persen," kata Erman Safar.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar.
 

Pada tahun 2023 terjadi penurunan pada jumlah penduduk miskin dari 6.160 jiwa menjadi 5.780 jiwa. Jika dilihat pada persentasenya mengalami fluktuasi dan menurun dalam dua tahun terakhir.

Menuut Erman Safar, penurunan jumlah penduduk miskin pada tahun 2023 itu, mengindikasikan bahwa pengurangan (migrasi) penduduk Kota Bukittinggi yang bekerja, jumlahnya sedikit dibanding orang yang tidak bekerja.

Apabila dikaitkan dengan Garis Kemiskinan (GK), semakin tinggi garis kemiskinan juga menjadi faktor pendorong semakin bertambahnya jumlah dan persentase penduduk miskin. (INDRA)

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال