Yurnaldi Pertajam Keterampilan Jurnalistik Feature dan Esai Foto Siswa SMAS IT Mutiara

 

DURI, AjarDetik.com -- SMAS IT Mutiara, Duri, Provinsi Riau, adakan seminar fotografi dan jurnalistik sebagai sarana untuk menjaring dan mendalami bakat dan minat peserta didik. Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian acara dari kegiatan Muara Cita (Mutiara Mencari Talenta).

Kegiatan seminar diadakan sepanjang hari Selasa (17/10/2023) dari pukul 8.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, yang langsung dibuka oleh Kepala Sekolah SMAS IT Mutiara, Dra. Gusni Eliza. “Kemampuan setiap anak berbeda, tidak hanya di bidang eksak, tetapi ada bidang lainnya yang menjanjikan seperti Jurnalistik dan Fotografi,” ungkap Gusni, Rabu (18/10)


Seminar Jurnalistik dan Fotografi ini mendatangkan langsung narasumber ahli dari Padang, Sumatra Barat, Yurnaldi, selaku mantan Wartawan Utama dan mantan editorial KOMPAS. Dengan pengalaman lebih dari 38 tahun, Yunaldi mampu mempengaruhi peserta didik untuk memperdalam ilmu dalam bidang fotografi dan jurnalistis. “Menjadi penulis berita dengan kemampuan fotografi yang handal saat ini menjadi profesi yang sangat menjanjikan,” ungkap Yurnaldi

Dalam kegiatan, Yurnaldi memberikan tips dan tatacara untuk dapat membuat tulisan yang baik serta penggunaan tata bahasa yang harus sesuai dengan EYD dan KBBI. Peserta didik diberikan kebebasan untuk bertanya banyak hal. “Kesalahan penggunaan bahasa dan pengambilan foto dapat mengurangi nilai dari berita yang diluncurkan,” ungkap Yurnaldi.


Dalam Seminar ini, peserta didik diajak untuk dapat menulis dan juga mempraktekan kemampuan fotografi yang baik. Hasil tersebut direview langsung untuk bahan pembelajaran. Peserta didik tampak sangat antusias melaksanakan praktik dan tantangan yang diberikan. “Kegiatan ini memberi saya motivasi untuk dapat terjun dalam dunia tulis dan juga fotografi,” ungkap putri selaku peserta seminar.

Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi peserta didik sehingga mampu meningkatkan minat dan bakatnya dalam dunia jurnalistik dan fotografi. Semangat untuk mengaplikasikan ilmunya dalam kegiatan Muara Cita.(SUSY HARDIANTI)


 

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال