Terowongan Rp 9 T, Bukan Mimpi!


Terowongan tol terpanjang yang menembus gunung senilai 9 triliun. Persembahan Presiden Jokowi buat warga Sumatera Barat yang mayoritas tidak memilihnya dalam 2014 dan 2019. hebatnya Presiden Jokowi

AJARDETIK.COM | SUMBARBeredar unggahan di Twitter menunjukan video dua jalan yang menembus pegunungan dan disertai narasi sebagai terowongan terpanjang, berlokasi di Sumatera Barat.

Narasi pada unggahan itu menyebut nilai proyek jalan menembus pegunungan itu mencapai Rp9 triliun.

“Terowongan tol terpanjang yang menembus gunung senilai 9 triliun. Persembahan Presiden Jokowi buat warga Sumatera Barat yang mayoritas tidak memilihnya dalam 2014 dan 2019. hebatnya Presiden Jokowi,”.

Faktanya adalah unggahan video tersebut bukan menampilkan jalan tol di Indonesia, melainkan di Korea Selatan. (Twitter)

Unggahan video di Twitter serupa dengan unggahan Facebook Civil Engineering Discoveries dengan judul ‘South Korean Highways Credit Civil Engineering Discoveries‘ pada Juli 2020. Video yang menunjukkan terowongan jalan tol menembus pegunungan tersebut bukan terletak di Sumatera Barat, Indonesia, melainkan di Korea Selatan.

Dengan demikian, unggahan video yang dinarasikan sebagai terowongan tol menembus pegunungan di Sumatera Barat merupakan hoaks.

Sementara terkait tol Pekanbaru – Padang Pariaman di Sumatera Barat, Presiden Joko Widodo belum dapat memastikan penyelesaian proyek tersebut saat meresmikan Tol Bangkinang pada 4 Januari.

Presiden, sebelumnya mengatakan tol Pekanbaru-Bangkinang tersambung dengan Jalan Tol Lingkar Luar Pekanbaru.

“Sehingga Dumai-Pekanbaru-Bangkinang akan sambung terus ke arah Padang. Selesainya kapan? Saya tidak bisa bicara, karena memang masih panjang,” ujar Presiden.

 


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال