Setelah 21 Tahun Tertunda, Gelar Datuak Rajo Mangkuto Dikukuhkan

 

Ir. H. Metri Hasan Datuk Rajo Mangkuto


PADANG, AjarDetik.com – Masyarakat Nagari Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Sabtu (30/9/2023) Baralek Gadang. Pasalnya, gelar Datuk Rajo Mangkuto yang tertunda selama 21 tahun, akan disematkan kepada Ir. H. Metri Hasan, tokoh masyarakat Kacang yang tinggal di Kota Padang.

“Saya tak dapat mengelak lagi. Anak kemenakan di kampung tetap ingin gelar Datuk Rajo Mangkuto diparalekkan. Ini sebuah tanggung jawab yang harus saya emban,” kata Metri Hasan yang Pengurus Kehormatan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkondo) Provinsi Sumatera Barat.

Metri Hasan dan Istri Prof. Dr. Ir. Husmaini, MP.
 

Acara Pengukuhan Gelar Datuk Rajo Mangkuto dilaksanakan Sabtu (30/9/2023) di  Rumah Gadang Panjamuran Suku V Panjang, Nagari Kacang. Diawali acara Bararak Bako (pukul 08.00), kemudian Bararak ke Balai-Balau Adat (09.30), dan pukul 10.00 WIB Pengukuhan Gelar. “Sebelum acara Ramah Tamah didahului makan bersama di Rumah Balerong dan Doa Bersama,” kata Metri Hasman kepada AjarDetik.com, Jumat (29/9/2023) malam.

Bersamaan dengan Pengukuhan Metri Hasan, juga dikukuhkan Yonvatison, S.Pd. Manti Gindo Sutan di Kerapatan Adat Nagari Kacang. (Yurnaldi)

Keramaian di Nagari Kacang saat acaea Pulang Basamo, Mei 2023.
 

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال