Catat, 26 Agustus Fariz RM Tampil di Rey Cafe & Resto Padang

 



 *Bakal Menggebrak Padang dengan Intimate Evening; Say No To Drugs

 Laporan HASNUL

PADANG, AjarDetik.com ---Penyanyi, pemusik dan pencipta lagu legendaris berdarah Minang, Fariz Rustam Munaf atau akrab disapa Fariz RM akan menggebrak Kota Padang pada tanggal 26 Agustus 2023, pada acara Intimate Evening sekalian bernostalgia dengan tajuk; "Say No To Drugs with Fariz RM", di Rey Cafe & Resto, Jl Mahakam No 15 Kawasan GOR H Agus Salim Padang.

Acara ini dipromotori Ahniyus Ahmad, seorang musisi sahabat Fariz RM yang bertempat tinggal di Padang. "Agar acara ini dapat terselenggara dengan sukses, kita melibatkan para pihak untuk mendatangkan Fariz RM ke Padang," ujar Ahniyus, Kamis (10/8/2023) di Padang.

"Fariz RM sebagai mantan pemakai yang sudah hijrah adalah figur yang pas menjadi Duta Anti-Narkoba, dan melalui ivent 'Say No To Drugs with Fariz RM', akan mengkampanyekan kepada semua pihak betapa berbahaya narkoba. Mengingatkan agar menjauhi dan katakan tidak untuk narkoba," imbuh Ahniyus.

 

Disampaikan Ahniyus, Kampanye Anti-Narkoba ini akan melibatkan pegiat/LSM Anti-Narkoba, Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Padang, serta para pelajar.

Di samping itu, sebut Ogut, demikian alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Eka Sakti (Unes) ini sering dipanggil, malamnya akan digelar Intimate Evening bernostalgia dengan lagu-lagu lawas Fariz RM, seperti; "Barcelona", "Sakura", "Nada Kasih", "Penari", dan banyak lainnya.

"Pokoknya audience akan dibawa ke masa-masa tahun 80-an. Dan bagi yang ingin menikmati lagu-lagu lawas yang akan dibawakan lansung oleh penyanyinya Fariz RM, silahkan reservasi di nomor; 082173372100 dan 081363422699. Karena kursi terbatas, maka harus cepat-cepat," tukas Ogut mengingatkan.

Sekilas Fariz RM

Tak banyak penyanyi yang menyanyikan sendiri lagunya. Salah satunya adalah Fariz RM. Hampir semua lagu yang dinyanyikannya menempati posisi teratas chart lagu Indonesia kala itu. Padahal di zamannya, musik yang diusung Fariz RM tergolong paling modern.

Dari penampilan, Fariz RM terlihat paling trendi di era 80-an. Ia pun selalu tampil dengan keytar, keyboard yang dibopong seperti gitar. Kata keytar sendiri berasal dari kata keyboard dan gitar. Saat itu, bisa dibilang Fariz RM lah yang pertama menggunakan keytar yang memang baru dirilis pada awal 80-an.

Hebatnya, Fariz menguasai semua alat musik. Bahkan album-album yang dihasilkannya, Fariz RM selalu menggunakan sistem rekaman overdubbed. Jadi Fariz RM memainkan berbagai instrument, seperti keyboard, gitar, bas, bahkan drum sendirian.

Fariz meluncurkan album solo keduanya pada 1980, bertajuk `Sakura`. Sebagai catatan, album pertama Fariz belum sempat dirilis.

 

Di saat Indonesia deman musik balada yang mendayu-dayu, Fariz RM menghadirkan musik yang berbeda, dance. Fariz menonjolkan aransemen brass section sebagai detil aksentuasi dan teknik bernyanyi falsetto.

Fariz RM jugalah yang memicu bermunculan musik fusion di Indonesia. Fusion adalah genre musik yang memadukan jazz dan rock.

Selama 25 tahun berkarya, dari 1978 hingga 2003, Fariz RM telah menghasilkan 20 album solo, 72 album kolaborasi, 18 album soundtrack dan 27 album dimana ia berperan sebagai produser. Di tambah lagi 13 album internasional yang dirilis di Eropa dan Asia Pasifik.

Lagu-lagu Hits

Tak bisa dipungkiri bahwa Fariz RM tetaplah seorang musisi dan pencipta lagu yang piawai. Tembang lawas Fariz RM yang jadi hits dan dikenal luas masyarakat antara lain:

 1. Sakura. Lagu ini dirilis pada tahun 1980 dan langsung menjadi lagu yang populer. Lagu ini juga pernah dibawakan oleh penyanyi cantik Rossa dan berhasil menjadi hits.

2. Barcelona. Lagu Barcelona menjadi salah satu hits yang paling melegenda. Bahkan lagu ini masih cukup populer sampai sekarang.

3. Iman dan Godaan. Lagu yang terdapat dari album Living In The Western World ini merupakan hasil kolaborasi dengan Dorie Kalmas dan Dian Pramana Poetra.

4. Diantara Kita. Lagu ini dirilis pada tahun 1981, satu tahun setelah lagu Sakura rilis. Lagu Diantara Kita merupakan lagu dari album Panggung Perak.

5. Kurnia dan Pesona. Lagu Kurnia dan Pesona sempat menjadi hits pada tahun 80an. Lagu ini diambil dari album yang berjudul Peristiwa 77-81 yang dirilis pada 1982.

6. Nada Kasih. Lagu ini memang tak dinyanyikan sendirian oleh Fariz RM, melainkan berkolaborasi dengan Neno Warisman. Lagu yang diciptakan oleh Dorie Kalman ini dikenal sebagai salah satu lagu duet yang populer di jamannya.

7. Susi Belel. Lagi-lagi Fariz RM bekerja sama dengan Dorie Kalmas untuk lagu yang satu ini. Tapi tak hanya itu, Fariz turut menggandeng Sekar Ayu Asmara dalam lagu ini.

8. Lepas kontrol. Merupakan bagian dari album Living In The Western yang merupakan masterpicenya Fariz RM.

9. Penari. Lagu ini terdapat pada album Kronologi yang dirilis pada tahun 1997.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال