Ganefri Dapat Dukungan Luas sebagai Bakal Calon Gubernur Sumatera Barat

 



PADANG, AjarDetik.com – Mendapat dukungan dari Partai Golkar Sumatera Barat, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) dua periode yang akan berakhir masa jabatan rektor Juni 2024 mendatang, Prof. Ganefri, Ph.D, menyatakan siap maju menjadi bakal calon gubernur Sumatera Barat.

“Saya siap maju dengan sejumlah program untuk menyejahterakan rakyat Sumatera Barat, lebih memajukan dunia pendidikan dan menyiapkan generasi unggul dan sarjana yang siap berkiprah membangun Sumatera Barat, membangun Indonesia. Semoga nanti mendapat dukungan berbagai kalangan,” kata Ganefri kepada AjarDetik.com, Jumat (19/4/2024) di Padang.

Ganefri menjelaskan,  hingga saat ini baru Partai Golkar yang mendorong dirinya untuk maju dalam bursa calon Gubernur Sumbar. Semoga saja pencalonan dari Partai Golkar berjalan mulus dan mendapat restu ketua DPP Partai Golkar.

"Secara elektabilitas, saya tidak sama dengan politisi. Apalagi saya akademisi dan berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ini berat juga, tapi kawan-kawan dari Golkar terus mendorong dan akan mengusulkan diri saya untuk maju di Pilgub Sumbar," ungkap Ganefri.

Tak hanya Partai Golkar, DPW Patai Nasdem Sumatera Barat kemungkinan besar juga akan mendukung pencalonan Ganefri sebagai calon gubernur Sumbar, sebagaimana yang diungkapkan Ketua DPW Nasdem Sumatera Barat Fadly Amran, saat hadir acara halal bil halal di UNP, baru-baru ini.

“Sosok Ganefri termasuk salah satu sosok yang dicari Nasdem untuk maju dalam Pilgub Sumbar,” jelas Fadly Amran, mantan Wali Kota Padangpanjang yang juga dikabarkan akan maju menjadi cakal calon wali kota Padang.

Menanggapi dukungan DPW Partai Nasdem Sumbar, Ganefri mengatakan bahwa pencalonannya di Pilgub Sumbar masih prematur. “Kita lihat ke depannya. Bagaimana pun kita dukung siapa yang dicalonkan untuk maju dalam Pilgub Sumbar. Apalagi niatnya sama, membangun Sumbar," jelasnya.

Fadli menambahkan, "Nasdem partai yang terbuka dan tanpa mahar. Kita mencari kader-kader terbaik yang akan diusung dalam Pilgub Sumbar. Selain Rektor UNP, kita masih membuka pintu seluas-luasnya bagi kader terbaik lainnya." 

 

Saat disinggung apakah Nasdem akan memasangkan dirinya dengan Ganefri, atau maju di Pilwako Padang,  Fadly Amran menjelaskan dirinya siap untuk maju di Pilkada.

"Saya siap untuk maju di Pilkada. Kita lihat ke depannya (apakah Pilwako atau Pilgub), yang jelas kita siap maju di Pilkada," tutup Fadly Amran, sembari tersenyum simpul. 

Rektor Terbaik di Indonesia

Secara terpisah, Ketua Iluni Universitas Negeri Padang Nadirman menilai, Rektor UNP Ganefri adalah bakal calon gubernur terbaik untuk jadi Gubernur Sumatera Barat lima tahun ke depan. Sumbar tidak hanya memerlukan pendekatan kepada pemilih. Lebih dari itu, apa yang bisa dikerjakan. Ganefri merupakan rektor terbaik di Indonesia 2023.

"Saya sudah berdiskusi dengan kawan-kawan alumni UNP, dan mereka mendukung Ganefri maju menjadi bakal calon gubernur Sumatera Barat. Prestasi Ganferi memimpin UNP dua periode dan mempunyai relasi yang bagus dengan pemerintah pusat, sudah sangat pantas untuk menjadi gubernur Sumatera Barat ke depan," tandas Nadirman. (NAL)

Rektor UNP Ganferi dan Ketua Iluni UNP Nadirman.

 

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال