Tiga Pelukis Beda Gaya dalam Pameran Lukisan Forum Perjuangan Seniman Sumbar

*Tiga pelukis yang berbeda gaya antara lain adalah: John Hardi. Jon Wahid dan Herisman Tojes.



 

Catatan: RIZAL TANJUNG


Aliran abstraksionisme atau yang lebih dikenal dengan seni abstrak merupakan salah satu dari sekian jenis kesenian kontemporer yang tidak menggambarkan suatu objek yang ada di dunia asli.
Seni abstrak menggunakan warna serta bentuk dengan cara yang non representasional. Istilah dari seni abstrak ini adalah sebuah aliran yang berusaha untuk melepaskan diri seniman dari sensasi serta asosiasi figuratif mengenai suatu objek.

Herisman Tojes salah seorang seniman perupa dari aliran abstraksionisme yang sudah beberapa kali mengadakan pameran bersama dan pameran tunggal mempunya pengaruh terhadap aliran yang di tekuninya meskipun terkadang lukisannya terkesan sebagai aliran abstrak geometris. Lukisan geometris adalah lukisan yang menggunakan motif abstrak seperti garis, lingkaran, dan sebagainya.

 

Karya Herisman Tojes. (Foto Rizal Tanjung)

Bentuk-bentuk geometris yaitu perpaduan segi empat, segi tiga atau lingkaran atau dengan kata lain seperti bentuk bola, bujur sangkar, dan sebagainya. Bentuk geometris juga sering dikatakan sebagai bentuk yang kuat dan penuh jiwa ketelitian sehingga menghasilkan karya seni lukis dengan konsep abstrak geometris, keseimbangan, proporsi, skala dan ruang menjadi pertimbangan utama bagi lukisan abstrak geometris. Menarik memang kalau kita bicara tentang lukisan geometris. Lukisan yang terlihat sederhana, abstrak dan mempunyai filosofi yang mendalam. Sejarah seni geometri yang ternyata ditemukan pada abad sebelum masehi, kemudian dikembangkan oleh seniman seniman perupa pada setiap zamannya hingga akhirnya eksistensinya terus ada hingga saat ini. 

Sangat berbeda dengan pelukis John Hardi dan Jon Wahid yang terlihat sebagai pelukis abstrak yang terkadang lukisannya sulit untuk dipahami. Terkadang berbagai gambar abstrak yang terdapat didalamnya tampak tidak masuk akal.  Coretan berhamburan dimana-mana dan tidak merupakan gambar apapun. Tidak ada figur manusia, pemandangan, atau bahkan bentuk yang pasti didalamnya. Lalu apa indahnya karya abstrak. Mengapa gaya seni seperti ini bisa muncul dan berkembang. Beberapa karya abstrak bahkan dibandrol dengan harga yang fantastis. 

 

Mungkin kita harus tahu apa itu lukisan abstrak. Apa definisi dan pengertian dari abstrak.  Atau kita tidak tahu latar belakang mengapa gaya lukisan abstrak ini muncul dan berkembang.
Pada akhir abad ke-19 banyak seniman merasa perlu menciptakan gaya seni baru yang sesuai dengan berbagai perubahan yang terjadi di masa itu. Perubahan-perubahan mendasar yang terjadi dalam teknologi, sains dan filsafat memberikan kebutuhan baru bagi seniman untuk terus melaju mengikuti zaman. Perubahan yang membuat para seniman menarik argumen teoritis mereka yang beragam, cerminan sosial dan intelektual dalam perkembangan seni rupa di dunia modern.

Seni abstrak menggunakan bahasa visual bentuk, warna dan garis untuk menciptakan komposisi karya  yang tidak mengambil refrensi visual yang ada di alam. Lukisan abstrak adalah lukisan yang menghadirkan gambar yang tidak ada wujudnya di dunia.

Lukisan abstrak  tidak akan menggambar subjek atau referensi lainnya yang terdapat di dalam dunia. Itulah sebabnya lukisan abstrak tampak hanya seperti coretan acak yang asal di atas kanvas.
Lukisan abstrak adalah sebagai gagasan atau ide tetapi tidak memiliki keberadaan fisik atau kongkret. Yaitu melukis berbagai bentuk yang tidak ada wujud fisik/ kongkretnya di alam dunia melalui unsur-unsur seni rupa, yaitu: garis, bentuk, warna, dan lain-lain.

Padang,31 Desember 2023.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال