Orasi Budaya dan Life Achievement Award untuk Penyair Indonesia Rusli Marzuki Saria

 

Penyair Indonsia Rusli Marzuki Saria (88). Foto Yurnaldi/AjarDetik.com
 
PADANG, AjarDetik,com -- Pada tanggal 26 Februari 2024 ini, Rusli Marzuki Saria, atau yang akrab dipanggil dengan Papa, genap berusia 88 tahun. Papa lahir di Kamang Mudiak Kabupaten Agam, pada tanggal 26 Februari 1936, dan merupakan seorang veteran pejuang Kemerdekaan RI, wartawan, sastrawan, dan penyair Indonesia asal Ranah Minang. Kemudian pernah pula menjadi Anggota DPRD Padang.
 
Rusli Marzuki Saria telah menghasilkan banyak karya, seperti esai, cerpen, dan puisi. Kumpulan puisi Papa di antaranya; Sembilu Darah; Pada Hari Ini, Pada Jantung Hati; Parewa, Sajak dalam Lima Kumpulan, dan banyak lainnya.
 
Pada tahun 2017, Rusli Marzuki Saria mendapatkan penghargaan sastra SEA Write Award dari Kerajaan Thailand, dimana buku puisinya One by One Line by Line, memenuhi syarat untuk mendapatkan penghargaan bergengsi tersebut.
 
Untuk memperingati hari ulang tahun ke-88 Rusli Marzuki Saria tersebut rencananya akan digelar acara; Parade Baca Puisi karya Rusli Marzuki Saria ---oleh pelajar, mahasiswa, pejabat, penyair, dan pecinta seni lainnya. Kemudian akan ada Orasi Budaya; dan Life Achievement Award.
 
Acara yang diberi tajuk; "Sembilu Darah" ini ---dari salah satu kumpulan puisi karya Rusli Marzuki Saria--- diangkatkan oleh Kapas (Komunitas Pemerhati Sumbar) dan Hamas (Himpunan Media Sumbar).
Bagi yang berminat ikut serta baca puisi karya Rusli Marzuki Saria pada saat acara, bisa menghubungi WA : 081275665100 (Isa Kurniawan)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال